Saturday, June 29, 2013

PROFIL MADRASAH TSANAWIYAH (MTs.) AL-ICHSAN BRANGKAL SOOKO MOJOKERTO



A.    Identitas Madrasah
Nama Madrasah    : Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan
Status                    : Terakreditasi
Nomor Tlp             : (0321) 327614
Kecamatan                        : Sooko
Kabupaten             : Mojokerto
Kode Post             : 61361
Tahun Berdiri        : 1972
Waktu Belajar       : Pagi

B.     Sejarah Singkat Berdirinya Madrasah
Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan berdiri pada tahun 1972, didirikan oleh bapak H. Ichwan M, yang pada mulanya bernama Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan. Latar belakang berdirinya Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan adalah karena sekolah mu’alimin mu’alimat pertama di desa Brangkal yang diharapkan dapat memberikan banyak pendidikan agama Islam kepada sisiwa-siswinya telah dirubah statusnya menjadi SMP Islam Walisonggo. Perubahan ini secara otomatis mengurangi mata pelajaran pendidikan agama Islam dari kurikulumnya, oleh karena itu bapak H. Ichwan M merasa prihatin dan memandang perlu mendirikan suatu sekolah lanjutan tingkat pertama yang lebih banyak memberikan bekal pendidikan agama Islam kepada siswa-siswinya, sehingga atas dasar itulah maka bapak H. Ichwan M mendirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan, yang pada awalnya bertempat di MIN Brangkal yang bangunan fisiknya sekarang menjadi milik MI Walisonggo II.
Adapun penambahan kata “Persiapan” pada nama Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan, mempunyai arti bahwa sisiwa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan kelak akan diberikan bekal dan Persiapan-Persiapan untuk dapat memasuki sekolah PGAN Mojokerto.
Akan tetapi dalam proses perjalanannya, Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan telah mengalamai berbagai macam fenomena yang berpengaruh pada perubahan dan perkembangan yang ada dalam kelembagaannya. Ketika MTs. Mujahidin yang ada di desa Japan Sooko Mojokerto berdiri, siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan kelas I dipindahkan oleh bapak Rukan Zahidi selaku kepala madrasah ke MTs. Mujahidin, namun demikian, masih ada beberapa orang guru yang mempertahankan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan untuk tetap eksis.
Pada saat bapak H. Ichwan M menjabat kepala sekolah smp Islam walisonggo, pengelolaan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan diserahkan kepada yayasan pendidikan Islam walisonggo. Di bawah naungan yayasan pendidikan Islam walisonggo ini Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan berjalan dengan baik, sehingga secara kualitatif maupun kuantitatif jumlah siswa-siswinya semakin lama semakin meningkat, walaupun pihak yayasan kurang menaruh perhatian.
Secara struktural, Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan telah beberapa kali mengalami pergantian kepala madrasah. Jabatan Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan yang pertama dipegan oleh bapak H. Ichwan M, namun ketika beliau sakit-sakitan, jabatan kepala madrasah digantikan oleh bapak Drs. H. Burhan Ali.
Di bawah pimpinan bapak Drs. H. Burhan Ali, Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan diminta yayasan untuk pindah ke walisonggo, karena lokasi sekolahan Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan akan digunakan sebagai balai pengobatan. Namun para dewan guru tidak menghendaki hal demikian terjadi, karena itu bapak Drs. H. Burhan Ali bersilaturrahmi  ke bapak KH. Chusen Ichsan dan meminta  untuk bergabuing ke dalam yayasan Darul Aitam Al-Ichsan. Dan  bapak KH. Chusen Ichsan menerima permintaan tersebut dengan terbuka, sehingga pada tahun 1997 Madrasah Tsanawiyah (MTs.)Persiapan secara resmi telah berada di bawah naungan yayasan Darul Aitam Al-Ichsan. Setelah bergabungnya Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan ke dalam yayasan Darul Aitam Al-Ichsan, maka nama Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Persiapan diganti dengan nama baru yaitu Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan.
Kemudian setelah bapak Drs. H. Burhan Ali tidak sanggup lagi untuk  menjadi pemimpin Madrasah Tsanawiyah (MTs. Al-Ichsan, maka jabatan kepala Madrasah dilanjutkan oleh bapak Solichan, S.Ag, kemudian digantikan oleh bapak Machmud, dan saat ini Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan dikepalai oleh bapak Ainul Yaqin, S.Ag, M.PdI.

C.    Visi Dan Misi
1.      Visi Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan
Terwujudnya manusia yang berkualitas tinggi yaitu manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, cerdas, berkepribadian, berilmu, dan mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat.
2.      Misi Madrasah Tsanawiyah (MTs.)Al-Ichsan
menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada kualitas manusia baik secara intelektual, emosional dan moral-spiritual sehingga mampu menyiapkan dan mengembangkan sumberdaya manusia yang unggul dalam bidang IMTAQ dan IPTEK sehingga mampu menghadapi tuntutan social dan budaya.
Adapun misi penyelenggaraan pengajaran dan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Al-Ichsan adalah:
1.      Membekali siswa dengan kemampuan akademis sehingga dapat tumbuh semangat keunggulan dalam bidang agama, ilmu pengetahuan-tekhnologi dan budaya.
2.      Mengoptimalisasikan penghayatan terhadap nilai-nilai agama dan budaya untuk dijadikan sumber kearifan dalam bertindak.
3.      Membekali siswa dengan kecakapan hidup agar berani dan berkemampuan dalam menghadapi problema hidup dan kehidupan secara wajar, serta secra kreatif menemukan solusi dan mampu menyelesaikannya.
4.      Mengoptimalkan potensi siswa dengan pembelajaran dan bimbingan yang intensif.
5.      Meningkatkan kesejahteraan sumberdaya manusia (SDM) secara menyeluruh.

2 comments:

  1. apakah santri di atas 15 tahun boleh bawa HP?

    ReplyDelete
  2. Apakah santri di atas 15 tahun boleh membawa ponsel?

    ReplyDelete